Minggu, 27 Juni 2021

KESEPAKATAN KELAS BARU MENUJU PEMANTAPAN BUDAYA BERKARAKTER

Seperti biasanya seorang guru menempatkan siswa binaannya sebagai orientasi utama dari keberhasilannya sebagai pendidik. Dalam berkegiatan sehari-hari tentunya seorang guru maupun siswanya memerlukan panduan dalam melakukan interkasi di kelas baik kelas maya di masa pandemi ini maupun kelas konvensional yakni melakukan pertemuan seperti biasanya di sekolah. Aturan-aturan kelas ini lebih di kenal sebagai kesepakatan kelas. Seyogyanya seorang guru dalam merumuskan kesepakatan kelas melibatkan siswanya secara langsung lewat tatap muka luring ataupun daring.


Penyusunan kesepakatan kelas ini terasa terlambat jika mengacu kepada tugas kami selaku guru penggerak karena senyognya tugas ini telah rampung/kami kumpulkan paling telat hari jumat tanggal 25 Juni 2021. Namun dalam hemat kami agar aturan ini bermanfaat dan dapat berkelanjutan penggunaannya jika menanti pembagian raport sekaligus di ikuti dengan rapat pembagian tugas untuk tahun ajaran 2021/2022. Adapun pembagian raport dan rapat dewan guru SDN SP 3 Prode mengacu pada kalender pendidikan Kabupaten Sumbawa pada hari sabtu tanggal 26 Juni 2021.

Dalam rapat dewan guru SDN SP 3 Prode. Untuk tahun ajaran 2021/2022 kami mendapatkan tugas mengajar di kelas 3 juga. Namun tentunya dalam hemat kami kesepakatan kelas 3 tahun ajaran 2020/2021 tidak dapat di paksakan untuk di terapkan di tahun ajaran 2021/2022. Meskipun dalam tingkatan kelas yang sama.

Untuk itu perlu kami informasikan proses penyusunan kesepakatan kelas 3 untuk tahun ajaran 2021/2022 ini. Siswa setelah menerima raport secara online oleh guru kelas sebelumnya yang juga di ikuti dengan beberapa orangtua yang membawa serta anaknya guna mengambil raport fisik yang juga di sediakan gurunya. Mengingat meski telah di informasikan sebelumnya bahwa raport dapat di akses secara online namun tetap saja di temui beberapa orangtua yang bersemangat guna mengambil raport cetak di sekolah. Kedatangan beberapa orangtua ini tentunya kami manfaatkan benar guna menyusun kesepakatan kelas ini.

Komunikasi kami bangun dengan orangtua siswa guna mendapatkan informasi apakah mereka telah terbiasa menggunakan platform daring selama pembelajaran di masa pandemi. Banyak informasi yang kami dapatkan mulai dari harapan dan semangat mereka. Meski sebagian besar mengharapkan agar pembelajaran segera dapat dilakukan secara tatap muka/langsung. Namun nilai pembelajaran daring juga mereka akui telah memberi andil positif dalam memenuhi kewajiban pendidikan bagi anak-anak mereka.

Setelah tahapan awal kami menyimpulkan bahwa dari 29 siswa kelas 3 tahun pelajaran 2021/2022 ini di temukan 20 orangtua yang telah terbiasa menggunakan gadget beserta aplikasi video confrensi. Hal ini tentu saja merupakan hal yang menggembirakan  karena bilamana pembelajaran di tahun ajaran ini nantinya di karenakan wabah pandemi pembelajaran luring/tatap muka tidak dapat di lakukan maka kami sebagai guru mereka akan tetap dapat berbagi ilmu lewat daring.

SELAMAT DATANG ANAK-ANAKKU DALAM SUASANA BARU DAN SEMANGAT BARU

Kembali kepada penyusunan Kesepakatan Kelas seperti di awal tulisan ini. Anak-anak dengan di dampingi orangtuanya kami ajak untuk video confrensi dengan menggunakan aplikasi 8n8 dan juga zoom. Hal ini kami lakukan mengingat aplikasi 8x8 siswa tetap dapat mengikuti meeting online tanpa harus memiliki akun. Untuk yang telah memiliki akun zoom dapat ikut serta lewat aplikasi zoom. Siswa juga di perbolehkan untuk 'nimbrung' dalam 1 akun. Mengingat semangat anak-anak untuk terlibat dengan teman sepermainannya. Sehingga ketiadaan hp/gadget tidak berpengaruh karena mereka dapat berkegiatan bersama-sama.

Untuk menempatkan rasa siap dan memancing konsentrasi mereka kami menempatkan nama-nama mereka dalam permainan spin/roda berputar. Permainan ini kami menggunakan wheel of names (roda nama). Aturan roda berputar ini ketika seorang anak tepat pada namanya roda berhenti berputar dan jarum spin menunjukkan namanya maka anak tersebut berkewajiban untuk menunjukkan kreasinya pada jamboard ataupun foto di sertai tulisan. Selain itu anak juga dapat menyampaikan pesannya lewat kalimat pada saat meeting tentang kata-kata atau kalimat yang sekiranya akan di tempatkan dalam musyawarah kelas untuk mencapai kesepakatan kelas.

Adapun kesepakatan kelas 3 SDN SP 3 Prode yang berhasil di capai pada hari sabtu 26 Juni 2021 untuk tahun pelajaran 2021/2022 adalah

SOPAN, JIKA BERTANYA ANGKAT TELUNJUK TANGAN KANAN, MENJAGA KEBERSIHAN, SALING MENYAPA, KELUAR KELAS MINTA IZIN, SALING MENYAYANGI


Beberapa dokumentasi kegiatan






Demikianlah rangkaian kegiatan musyawarah perumusan kesepakatan kelas kami.

sumber

foto dan video dokumentasi kegiatan kelas 3 oleh Andy Kurniawan

Tidak ada komentar: