Minggu, 13 Juni 2021

REFLEKSI 13 JUNI 2021 PROGRAM CGP ANDY KURNIAWAN

 SAYA SEMAKIN MEMAHAMI ARTI SEBUAH ILMU

Salam pendidikan buat rekan-rekan semuanya. Apa kabarnya? Kalau saya, Alhamdulillah selalu baik dan tetap penuh dengan semangat😀. Optimis pada apa yang dimiliki untuk menumbuhkan kreatifitas-kreatifitas dalam pembelajaran. Oh ya, tak terasa sudah seminggu terlewati kegiatan calon guru penggerak yang saya ikuti di bulan juni ini. Pertanyaannya apa semakin menarik? Kalau saya membahas tentang tugas dan sinyal yang lelet tentunya bukan barang baru dan tak seru. Karena bukankah hal tersebut telah saya tuliskan dalam tulisan refleksi saya yang terdahulu. Lantas apa gerangan?

Dalam tulisan ini semoga dapat mewakili hal-hal menarik yang saya lewati dalam seminggu ini.

Minggu ini kita di awali dengan kegiatan refleksi 4P meliputi Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran dan Perubahan. Kegiatan dimulai dengan membuka forum diskusi kelompok tentunya secara daring. Ada banyak hal menarik untuk berbagi dimulai dari pengalaman mengajar, menganalisis hobi dan minat siswa hingga sisi kognitifnya. Disisi lain juga ditemui masih adanya rekan CGP yang kesulitan untuk sharescreen layarnya ketika ditugaskan untuk berbagi informasi/presentasi. Tentu saja hal ini menjadi penyemangat bagi kami untuk berbagi menyelesaikan persoalan rekan CGP tadi dan tentu saja bagian dari guru berbagi telah dapat kami penuhi. Untuk point ini Alhamdulillah kami dapat berbagi dengan senang hati dan penuh semangat.

Berikutnya yang tidak kalah serunya kita mulai mendapatkan siraman penentu tentang inkuiri apresiatif menganalisa sisi posistif yang dimiliki siswa maupun sarana atau kemampuan yang kita miliki. Dengan perkataan pengantar misalnya 'Apa yang saya punya?" atau misalnya "Apa yang saya mampu?"

Sisi-sisi positif dengan membuang jauh-jauh sisi negatif atau pesimis yang selama ini kerap kita miliki untuk bergerak melakukan sesuatu misalnya "Saya masih kurang ini....?" hingga "Sekolah saya kan dipedalaman internet susah!" Kini statemen itu tidak perlu lagi dan harus dibuang jauh-jauh. Mulai bergerak dengan penuh semangat tidak merasa menjadikan kekurangan sebagai tolok ukur tetapi mengidentifikasi semua yang telah ada untuk menjemput dan berbuat hal posistif lainnya guna mengejar sebuah VISI.

Masih ada lagi yang lebih menarik. Kali ini lebih mendalam lagi jika diterapkan. Dikalangan program calon guru penggerak dikenal dengan istilah BAGJA yang penjabarannya meliputi

B (Buat Pertanyaan Utama)

A (Ambil Pelajaran)

G (Gali Mimpi)

J (jabarkan)

A (Atur Eksekusi/Aksi)

Ada juga karya saya sebagai bagian dari koneksi antar materi minggu ini di link berikut https://youtu.be/olqm7g0etj8

Akhirnya selamat berekspresi. Semoga diberi kesehatan dan semangat serta sinyal yang baik. Akhirulkalam Wabillahitaufiq Walhidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

ANDY KURNIAWAN, S.Pd.SD     CGP KABUPATEN SUMBAWA     SDN SP 3 PRODE

Tidak ada komentar: